Pengertian Asam

Pengertian Asam-Basa Menurut Bronsted-Lowry


Hasil gambar untuk asam basa

Pengertian Asam-Basa Menurut Bronsted-Lowry

Johannes Bronsted dan Thomas Lowry pada tahun 1923, menggunakan asumsi sederhana yaituAsam memberikan ion H+ pada ion atau molekul lainnya, yang bertindak sebagai basa. Contoh, disosiasi air, melibatkan pemindahan ion H+ dari molekul air yang satu dengan molekul air yang lainnya untuk membentuk ion H3O+ dan OH.
2H2O(l H3O+(aq) + OH(aq)
Reaksi antara HCl dan air menjadi dasar untuk memahami definisi asam dan basa menurutBrønsted-Lowry. Menurut teori ini, ketika sebuah ion H+ ditransfer dari HCl ke molekul air, HCl tidak berdisosiasi dalam air membentuk ion H+ dan Cl-. Tetapi, ion H+ ditransfer dari HCl ke molekul air untuk membentuk ion H3O+, seperti berikut ini.
HCl(g) + 2H2O(l H3O+(aq) + Cl(aq)
Sebagai sebuah proton, ion H+ memiliki ukuran yang lebih kecil dari atom yang terkecil, sehingga tertarik ke arah yang memiliki muatan negatif yang ada dalam larutan. Maka, H+yang terbentuk dalam larutan encer, terikat pada molekul air. Model Brønsted, yang menyebutkan bahwa ion H+ ditransfer dari satu ion atau molekul ke yang lainnya, ini lebih masuk akal daripada teori Arrhenius yang menganggap bahwa ion H+ ada dalam larutan encer. Dari pandangan model Brønsted, reaksi antara asam dan basa selalu melibatkan pemindahan ion H+ dari donor proton ke akseptor proton. Asam bisa merupakan molekul yang netral.
HCl(g) + NH3(aq NH+(aq) + Cl(aq)
Bisa ion positif
NH4+(aq) + OH(aq NH3(aq) + H2O(l)
Atau ion negatif
H2PO4(aq) + H2O(l HPO42–(aq) + H3O+(aq)
Pada reaksi antara HCl dan NH3 terjadi perpindahan ion H+ atau proton, perhatikan reaksi berikut.
img1
HCl memberikan H+ atau proton ke NH3 sehingga terjadi ion NH4+ dan ion Cl. Reaksi sebaliknya NH4+ dapat memberikan H+ (proton) pada ion Cl sehingga terjadi lagi HCl dan NH3.
Dari penjelasan ini disimpulkan bahwa asam adalah senyawa yang dapat memberikan proton (H+) kepada basa (donor proton), sedangkan basa adalah senyawa yang dapat menerima proton (H+) dari asam (akseptor proton).Reaksinya dapat ditulis:
HCl(l) + NH3(aq)  NH4 +(aq) + Cl–(aq)
Senyawa yang mengandung hidrogen dengan bilangan oksidasi +1 dapat menjadi asam. Yang termasuk asam Brønsted adalah HCl, H2S, H2CO3, H2PtF6,NH4+, HSO4-andHMnO4
Pengertian Asam Pengertian Asam Reviewed by Kusnadi on 10:34 PM Rating: 5

No comments:

Ugi Valentino. Powered by Blogger.

LATEST POSTS

Multimedia Updates

Ads