lapisan atmosfer

Atmosfer adalah lapisan udara yang berfungsi sebagai pelindung permukaan bumi dari suhu udara yang ekstrem dengan adanya atmosfer suhu udara pada siang hari di permukaan bumi tidak terlalu panas dan pada malam hari tidak terlalu dingin .Atmosfer terdiri atas beberapa lapisan yaitu:

1.Troposfer
Hasil gambar untuk troposfer
  Troposfer merupakan lapisan atmosfer yang paling rendah yag sangat bepengaruh pada kehidupan di bumi .semua gejala cuaca,seperti awan,petir,dan hujan terjadi pada lapisan troposfer.

2. Stratosfer
Hasil gambar untuk stratosfer
Stratosfer adalah lapisan atmosfer yang berada pada ketinggian 10 sampai 50 km di atas permukaan bumi.lapisan stratosfer penting bagi kelangsungan hidup organisme di permukaan bumi karena lapisan ini merupakan lokasi terakumulasinya ozon.
3. Mesosfer
Hasil gambar untuk mesosfer
Mesosfer terletak pada ketinggian 50 sampai 80 km diatas permukaan bumi.lapisan ini berfungsi untuk memantulkan gelombang radio.and mungkin tidak asing dengan gelombang UHF (ultra high frekquency) dan VHF (very high frequency) di lapisan inilah kedua gelombang tersebut dirambatkan.
4. Thermosfer
Hasil gambar untuk termosfer
  Thermosfer terletak pada ketinggian di atas 80 km dari permukaan bumi.thermos artinya panas.Lapisan thermosfer ini memiliki suhu paling tinggi ,yaitu sampai ratusan bahkan ribuan derajat celcius.
Di lapisan ini terdapat beberapa gejala alam yang sering terjadi pada lapisan troposfer ,antara lain:
-pelangi
-aurora
-kilat
-fatamorgana
-halo
lapisan atmosfer lapisan atmosfer Reviewed by Kusnadi on 6:47 AM Rating: 5

No comments:

Ugi Valentino. Powered by Blogger.

LATEST POSTS

Multimedia Updates

Ads